Awan ...

Aku terus teringat kata seorang jurnalis foto senior, Arbain Rambey, bahwa memotret adalah seni memotong. Kira-kira begitulah yang aku ingat. Alam yang luas, obyek yang begitu besar, sering kali nampak biasa-biasa saja jika dilihat seluruhnya. Akan tetapi kalau lebih dekat, lebih detail lagi melihatnya, akan nampak keindahan lain yang luar biasa. Ini semua juga tergantung kepekaan kita melihat keindahan itu.

Sebagai orang yang lagi seneng-senengnya belajar memotret, apalagi baru punya kamera walaupun bukan kamera mahal seperti kamera para fotografer profesional, aku selalu mencoba untuk merasakan sesuatu yang berbeda ketika melihat hal-hal yang sebenarnya sering kita lihat. Sisi pandangku aku coba tangkap dengan kamera satu-satunya yang aku punya itu. Berkali-kali aku mencoba mengambil gambarnya dengan cara yang berbeda. Setelah itu, aku mencoba mengamati hasilnya.

Seperti yang berikut ini adalah ketika siang bolong dan matahari bersinar terik. Cuaca sangat panas. Awan bergumpal-gumpal di langit yang biru. Awan yang seringkali ada di sana ketika cuaca panas seperti sekarang ini. Dan ... hasilnya bisa dinikmati seperti berikut ini. Apa benar indah?
Kalau merasa menikmati, silakan beri komentar ....

Belajar Animasi Sederhana

Aku Tak Pernah Lelah Berjalan Film-film animasi (kartun) dewasa ini sungguh sangat menakjubkan. Gambarnya begitu menakjubka...