FOTO LEVITASI

Foto levitasi, apakah itu?
Berawal dari sana, aku mencoba googling untuk mencari tahu. Ada banyak tulisan tentang foto levitasi, utamanya pada blog-blog. Akhirnya aku mendapatkan kesimpulan bahwa Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat benda atau orang seolah-olah melayang bukan dengan hasil edit. Obyek/model melompat dengan gaya senatural mungkin seperti layaknya sedang melakukan aktivitas biasa. Konon, seorang gadis Jepang bernama Natsumi Hayashi adalah ikon dari foto levitasi. Dia memberikan banyak inspirasi bagi fotografer yang melakukan/membuat fotografi levitasi.

Akhirnya aku mencoba membuat foto levitasi. Modelnya adalah anakku. Aku ajak main anak-anakku dan aku suruh dia melakukan lompatan dengan gaya yang aku suruh. Berkali-kali aku memotret lalu melihat hasilnya satu-satu. Aku mencoba menilai sendiri, apakah sudah dapat dikategorikan sebagai foto levitasi? Bagiku, apa pun hasilnya ini adalah percobaanku yang ingin membuat foto yang disebut sebagai foto levitasi. Sudah termasuk kategori itu atau belum, semoga ada pembaca yang berkenan memberikan masukan.
Ini ada beberapa foto yang aku ambil dari internet:


Dan berikut ini adalah hasil percobaan pertamaku ....

Modelnya anakku (Faishal Adhi Nugraha), lokasi di belakang gedung FISIP UIN Syarif Hidayatullah, di dekat Situ Gintung. Waktunya menjelang magrib (23 Februari 2014).


Oh iya, karena waktu menjelang magrib dan matahari sudah tenggelam, maka aku menggunakan blitz. Aku juga memotret hanya menggunakan kamera prosumer Fujifilm Finepix SL 1000. Aku gunakan auto mode. Dari yang aku baca sih mestinya foto dilakukan di tempat yang terang dan lingkungan yang unik agar hasilnya mantap. Yah, nanti aku akan mencoba lagi dan menghasilkan lebih banyak foto lagi yang lebih variatif.[]

Belajar Animasi Sederhana

Aku Tak Pernah Lelah Berjalan Film-film animasi (kartun) dewasa ini sungguh sangat menakjubkan. Gambarnya begitu menakjubka...